Kas kecil




Kas kecil adalah angka yang relatif kecil yang tidak mungkin menggunakan cek
      Soemarso (2004) mendefinisikan dana kas kecil sebagai berikut:"Sebuah sejumlah uang tunai yang disisihkan dalam perusahaan dan digunakan untuk melayani beban tertentu. Pengeluaran-pengeluaran biasanya dilakukan melalui pengeluaran dana kas kecil yang tidak besar jumlahnya, biaya lainnya yang dibuat oleh bank (dengan cek ) ".
         Biasanya beban tersebut dipakai dalam dana kas kecil pengeluarannya. Adapun pengeluaran dibuat dengan dana kas kecil adalah biaya:- Biaya makan dan minum- Biaya peralatan- Biaya perlengkapan kantor- Selain biaya lainnya.Dalam mengelola dana kas kecil itu ada dua metode dapat digunakan Metode Dana Fluktuasi Imprest dan Metode.


 a. Imprest Dana Metode
         Dana imprest di sistem, Baridwan (1992) mendefinisikan: "Dalam sistem ini jumlah dana kas kecil di rekening selalu tersisa, dalam jumlah dari cek itu diserahkan kepada kasir kas kecil untuk untuk Membentuk dana kas kecil"b.  fuctuation Metode
       Menurut Baridwan (1992) Metode Fluktuasi mengatakan "Dalam sistem kecil fluktuasi saldo rekening kas tetap, tetapi berfluktuasi Menurut jumlah mengisi kembali dan pengeluaran-pengeluaran kas kecil".

  Contoh Akuntansi Kas Kecil

          Sebuah perusahaan membuat sebuah dana kas kecil dan pada awalnya dana dengan $ 300. Entri adalah:

Rekening                   Debet        Kredit
 Kas kecil                  $ 300
          Kas                                  $ 300


     


            

Artikel Yang Berhubungan :

0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar... anda.

Salam Kenal Dari Ade ridwan